Blogger

Friday 7 August 2015

Prospek Bisnis Online Dengan Menjadi Content Publisher

Berbicara menganai bisnis di dunia internet memang tidak akan pernah ada habisnya. Akan selalu ada saja topik baru yang muncul dan kemudian menjadi booming di dunia maya. dan itu akan terjadi secara terus menerus karena perkembangan ilmu pengetahuan semakin ke sini juga semakin maju. Namun saya tidak akan bergerak ke arah situ, di sini saya hanya ingin berbagi tentang prospek bisnis sebagai content publisher.

Apa itu conten publisher? Content publisher adalah orang yang kerjaannya membuat web kemudian melakukan posting dan mengoptimasi websitenya seupaya traffik naik. Jika traffiknya sudah tinggi lalu meyewakan webnya kepada pihak lain untuk memasang iklan di webnya. Apabila iklan tersebut di klik oleh pembacanya, dia akan mendapatkan imbalan atau komisi. Nah, itulah yang dinamakan PPC(pay per click).

Sebenarnya sekarang ini sudah banyak sekali program PPC semacam ini. Entah itu yang bergerak di wilayah dalam negeri ataupun program PPC yang memiliki cakupan dunia internasional. jika kita membicarakan program yang dari luar negeri maka pandangan kita akan tertuju ke Google Adsense. Google adsense merupakan layanan yang disediakan oleh pihak google itu sendiri yang membayar dengan komisi paling tinggi diantara program PPC lainnya.

Dengan Bayaran yang tinggi semacam itu maka tidak salah kalau program adsense ini paling diminati oleh pengguna internet di seluruh dunia. Karena siapapun akan mau untuk jika dibayar tinggi seperti itu, apalagi jika tugasnya hanya menyediakan tempat beriklan saja. Namun di balik bayaran yang tinggi itu, proses untuk menjadi anggota publisher adsense tidaklah mudah. Ada berbagai macam syarat yang musti dipenuhi. proses seleksinya pun juga begitu ketat. Hal itu dilakukan pihak google supaya pihak-pihak yang menjadi publishernya merupakan pihak yang memiliki kualitas content web terbaik.

Dengan melihat begitu sulitnya untuk menjadi publisher adsense, maka tak ada salahnya jika kita mencoba-coba program-program lain yang sejenis. Di Indonesia sendiri juga sudah banyak kok program yang cara kerjanya mirip adsense. Namun kita hendaknya juga perlu hati-hati untuk bergabung dengan salah satu program tersebut. Karena dari sekian banyak program yang beredar tak sedikit dari mereka itu hanya scam. Scam di sini berarti program tersebut hanya sekedar tipu-tipu belaka yang tidak akan pernah membayarkan komisi yang kita telah dapat. Dari situ sikap kehati-hatian itu sangat diperlukan.

Kelebihan dan kekurangan menjadi content publisher.
Berbicara mengenai kelebihan menjadi seorang content publiser yaitu seperti yang telah saya ungkapkan di atas adalah hanya perlu memiliki sebuah web yang memiliki traffik yang bagus. Menjadi content publisher juga tak direpotkan di dalam membuat sebuah produk, karena tugasnya hanya menjadi perantara iklan saja. Pendapatan yang di dapat bisa sangat besar jika menggunakan proses yang dinamakan scalling.

Sedangkan jika di lihat dari segi kekurangannya yaitu seorang content publisher harus mempu membuat content yang berkualitas secara terus menerus atau kontinyu. Hal itu wajib dilakukan supaya pembacanya puas sehingga traffikpun akan terus terjaga dalam posisi baik. Selain direpotkan dengan pembuatan content, mereka juga harus mampu membuat basis data supaya bisa memudahkan dalam proses back endnya. Satu lagi yang bisa menjadi kekurangan adalah kebanyakan content publisher hanya mengandalkan adsense sebagai sumber mata pencahariannya. jika akun adsense itu di banned maka habis sudah usahanya. Tetapi hal itu bisa diatasi dengan kita selalu bersikap untuk menuruti role of law yang dibuat oleh pihak adsense.

Nahhh, mungkin cukup sekian yang bisa saya share kan. Apakah anda tertarik untuk mencoba bisnis jenis ini??.. Sebagai seorang yang bijak kita jangan hanya terjebak pada segi resikonya saja. Karena bisnis apapu yang akan anda lakukan pasti memiliki resiko. Dan besaran resiko akan selalu berbanding lurus dengan besaran manfaat yang akan di dapat...

Akhir kata, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menginspirasi untuk kita semua...

Baca Juga:



tag : Prospek bisnis menjadi content publisher, peluang bisnis menjadi seorang content publisher, keuntungan menjadi content publisher, resiko menjadi content publisher, publisher google adsense, google adsense membayar paling besar.

2 comments:

  1. waaah sangat bagus , patut untuk di pelajari :D

    ReplyDelete
  2. nice info gan, tapi lebih ke hobi daripada bisnis online :v

    ReplyDelete