Blogger

Friday 17 July 2015

Manfaat DMCA bagi Blogger

Hai selamat pagi semua... kembali bertemu lagi dengan saya di hari yang fitri ini... kami selaku admin mengucapkan selamat Idul Fitri 1436 H, mohon maaf lahir dan batinn...

Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit berbagi mengenai melindungi hasil karya kita dari para copypaster... seringkali kita dibuat kesal oleh tigkah laku dari para copypaster tersebut.. maka dari itu salah satu triknya adalah dengan menggunakan DMCA... Apa itu DMCA??? mari kita bahas pada paragraf di bawah ini...

DMCA atau Digital Millennium Copyright Act adalah sebuah perangkat yang berguna untuk perlindungan hak cipta dari tindak pembajakan oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab. atau dalam kata lain untuk melindungi keorisinalan konten yang kita buat agar tidak semena-mena dijiplak oleh pihak lain entah dalam bentuk apapun itu.. Jadi harap hati-hati bagi para kalian yang selama ini hanya menjadi blogger parasit yaitu blogger yang hanya mengandalkan copy paste dari blog lain. tapi biasanya sekali akan diperingatkan, namun jika masih saja dilakukan maka pihak DMCA akan meremove/menghapus blog kalian dari peradaban dunia maya. 

Sudah menjadi barang tentu kita akan kecewa jika kita meerima pesan peringatan dari DMCA. apalagi jika sampai blog kita dihapus dari dunia maya. tapi tentunya bukan kita saja yang akan merasa kecewa, namun pihak yang kontennya kita jiplak pun juga akan merasa sangat kecewa dikarenakan produk yang mereka hasilkan ternya sudah tidak terjaga lagi dari segi keorisinilannya.

Maka dari itu demi menghindari kedua hal tersebut marilah kita terapkan internet sehat. dan usahakan konten apapunyang kita buat terjamin keorisinilannya. tapi apabila ternyata kita perlu menyadur dari pihak lain sebaiknya kita juga mempunyai tata krama yaitu dengan meminta izin ataupun dengan menyertakan sumbernya. Jangan sampai nama kita sebagai seorang blogger tercemar oleh hal-hal memalukan semacam ini. 

Mungkin cukup sekian tulisan yang bisa share kan untuk kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. dan apabila terdapat kesalahan dan kekurang sempurnaan kami mohon dengan sangat kirtik dan sarannya dengan menuliskannya lewat komentar dibawah postingan ini. HIDUP BLOGGER ...!!!


2 comments:

  1. Gak perlu bro sebetulnya pasang kaya gini. Bukan apa-apa, masalahnya kalau blog ente udah terkenal, dan justru, ada tulisan ente yang dr hasil copas. Yang ada, malah blog ente yg di laporin orang.

    Hati-hati aja intinya pasang kaya gini.

    ReplyDelete