Blogger

Wednesday 8 July 2015

Tips Untuk Blogger Pemula Agar Bisa Sukses

Sebenarnya saya mengetahui dunia blogging baru setelah awal masuk kuliah. Di mana pada waktu itu saya mengikuti sebuah mata kuliah yang diwajibkan kepada setiap mahasiswanya untuk memiliki sebuah blog sebagai tempat untuk mengumpulkan tugas. Namun dengan masih GAPTEKnya saya pada waktu itu, sehingga membingungkan saya dan pada akhirnya saya minta kepada teman  untuk dibuatkan sebuah blog. Horee akhirnya saya memiliki blog.....!!!! tapi karena pada waktu itu saya belum mengetahui secara jelas mau diisi dengan content apa saja, membuat blog itupun sementara lenyap seiring dengan berakhirnya mata kuliah tersebut... 
Sampai pada akhirnya menjelang akhir kuliah, dimana masa-masa menganggur menunggu proses wisuda. Saya kepikiran tentang blog yang pernah saya buat.. lalu muncul sebuah pemikiran kenapa gak aku isi aja masa pengangguran ini dengan Ngeblog? itung-itungan ngisi waktu luang,,heheee...
Dari situ saya kemudian mencari beragam informasi tentang blog.. kemudian belajar dari para blogger yang sudah sukses. hingga kemudian menemukan sebuah ide content apa yang akan menjadi tema pada blog yang saya buat.. Tak terasa saya ketagihan untuk selalu menulis postingan terbaruku.. dan dari kebiasaan baruku itu ternyata sedikit-sedikit bisa mendapatkan income yang lumayan... sehingga makin membuatku ketagihan hingga sekarang aku memiliki 2 blog...hehe...

Pengantar yang saya paparkan di atas merupakan permasalah klasik yang dihadapi pada hampir semua blogger pemula termasuk saya pada waktu itu.... nah dari pengalaman yang pernah saya alami itu, saya ingin berbagi tips untuk para blogger pemula termasuk saya ini agar bisa lebih suskses di dalam bermain di dunia blogging ini... berikut tips2nya :

1. Tentukan tujuan kenapa memilih blog
     Tahap ini merupakan faktor yang sangat penting di dalam kita menekuni kegiatan nge-blog. karena tujuan itu merupakan fondasi dasar dari setiap bangunan yang akan dibangun, dimana jika fondasi itu kuat maka ke depannya akan menghasilkan bangunan yang kuat. Sama halnya dengan blog, jika awalnya sudah memiliki landasan yang kuat maka langkah kedepannya akan semakin mudah. 
 2. Tentukan Tema Content
       Sebaiknya tema blog yang akan anda buat ini memiliki kemiripan dengan hobi apa yang agan2 sukai. karena dengan mengerjakan sesuatu yang agan sukai maka kedepannya agan2 tak akan merasa terbebani, jika tema blog sudah sesuai dengan apa yang disenangi..
3. Menulis Postingan
    Nah setelah mempunyai tujuaan dan topik yang jelas maka sekarang mari kita memulai menuliskan sebuah postingan pada blog yang  telah kita buat tadi. Sebelum kita semua menulis, alangkah baiknya kita terlebih dahulu mencari berbagai informasi tentang apa yang saat ini sedang diburu oleh orang-orang. dengan begitu bisa ningkatin traffic blog agan2 semua.
    Oh iya hampir kelupaan, manfaatkan pua layanan Google Keywords yang sudah disediakan oleh pihak google.. layaanan ini berfungsi untuk mengetahui tingkat persaingan kata kunci gan.. hal ini penting karena sebagai seorang blogger pemula tentunya tiadak akan langsung bisa mengalahkan para blogger2 senior yang sudah banyak pengalamannya. Semua hal itu butuh waktu gan, termasuk untuk membuat postingan kita masuk laman pertama daftar pencarian di Google. maka dari itu mulailah dari hal-hal kecil dulu.. terutama dari tingkat persaingan yang relatif rendah dulu.
    Buatlah postingamu semenarik mungkin. karena dengan sebuah postingan yang menarik tentunya akan membuat pengunjung singgah di blog kita lebih lama dan akan menarknya kembali pada waktu2 selanjutnya. selain membuat postingan yang menarik, kita juga musti rutin untuk update postigan, hal itu dimaksudkan agar postingan kita cepat terindex ke laman pencarian Google dan meningkatkat alexa rank kita.
   Usahakan tulisan yang kita buat ini orisinil atau bukan copy paste dari blog lain. karena penyakit utama para blogger pemula yang sering saya temui adalah banyaknya postingan yang hanya sekedar copy paste dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah postingannya.. apa gunanya sih jika postingan banyak tapi bukan karya sendiri??? akan lebih baik itu tulisan orisinil, walaupun jelek tapi kita bisa belajar untuk memperbaiki kualitas tulisan kita...
4. Mencari Inspirasi... (Blogwalking)
    Sebagai blogger pemula tentunya kita selalu membutuhkan berbagai macam ide segar yang bisa kita tuliskan untuk meng upadate postingan kita.. tentunya ada banya hal yang bisa kita lakuin pertama yaitu blogwalking. dengan kalian blogwalking tentunya kalian akan menemukan hal-hal baru yang bisa berguna untuk mengembangkan blog2 kita. 
   Ingattt gan.. sebagai blogger pemula kita tidak boleh egois dengan gak mau ber blogwalking dengan blog lain. karena dengan blogwalking pula kita bisa menimba ilmu dari para master-master yang sudah makan asaem garem dunia per-Blog-an.. hehe... 
    Oh iya jangan lupa pada saat kita blogwalking untuk meninggalkan komentar walaupun sederhana. jangan menuliskan link aktif kalian pada komentar itu. hargailah tata krama, agar kita juga dihargai oleh sesama blogger yang lainnya.
5. Menentukan Target Pengunjung
    Didalam pikiran kita pasti kita menginginkan banyak pengunjung yang akan datang ke blog kita. itu merupakan hal yang wajar. akan tetapi kita juga perlu mengingat kalau sebagai blogger pemula hendaknya jangan terlalu memasang target yang tinggi2, agar nantinya jika target itu tidak tercapai tidak langsung patah semangat.
   Kita sebagai blogger hendaknya berpikiran lebih realistis, tak usah terlalu merisaukan jika postingan kita belum masuk laman pertama daftar pencarian.. ingattt gan semuanya butuh proses, dengan kita bisa menghargai sebuah proses tentunya akan membuat kita semakin dewasa dalam bersikap dan tak terlalu gegabah dalam mengambil suatu keputusan. 
6. Mensosialisasikan Blog (Sharing)
    Sosialisasi atau sharing merupakan bagian yang tak bisa lepas dari tugas seorang blogger. karena dengan sharing ini pula kita mengenalkan produk kita dalam hal  banyak ini blog agar lebih dikenal oleh banyak orang. Dengan semakin dikenalnya blog kita oleh banyak orang tentunya secara langsung akan sangat berpengarung pada traffic pengunjung blog kita. dan akan semakin mempercepat postingan kita terindex ke halaman pencarian Google.
Ada banyak cara untuk mensosialisasikan blog kita salah satunya dengan membuat fanspage,. ingin lebih mengetahi caranya masuklah ke link ini :                                 Tutorial Memasang Fanspage Facebook di Blog 
  
7. Desain dan SEO
    Meskipun saya tahu kalau desain dan SEO itu penting untuk blog. namun disini saya letakkan di bagian akhir karena kita semua sebagai blog pemula agar tidak terjebak pada urusan tampilan dan SEO. pasti kalimat itu akan banyak yang nge-bantah dengan inilah, itulah... namun disini ane mau menekankan saja bahwa agar blog kita lebih cepat terindex oleh google yaitu dengan meningkatkan kualitas dari postingan kita. meskipun saya juga tidak memungkiri di sini SEO juga berperan akan hal ini. Karena nantinya kita dengan sendirinya akan mengetahui apa itu SEO dan bagaimana cara menggunakannya. 
    Jujur saja selama berBlogging ria, saya sedikit mengabaikan permasalahan SEO. karena bagi saya selama ini saya hanya akan terus berusaha memperbaiki kualitas dari postingan saya. karena bagi saya urusan tampilan bisa menyusul dengan sendirinya..
Sekian dulu yang bisa saya share kepada agan-agan semua... semoga postingan kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua... jangann lupa gan untuk terus belajarrrr...karena saya sendiri disini juga masih dalam tahap belajar.....hehe... :)


tag. tips, blogger pemula, pemula, sukses, seo, posting, tujuan, traffic

1 comment: