Blogger

Saturday 26 November 2016

e Commerce Pos Indonesia

Mengenal Layanan Pendukung Bisnis e-Commerce Pos Indonesia Bisnis e-commerce di Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan pertumbuhan yang cepat baik dari sisi pelaku bisnis, insfrastruktur pendukung maupun nilai transaksi. Meski demikian banyak pengamat menilai pertumbuhan yang sedang terjadi masih belum mencapai titik puncaknya. Masa depan bisnis e-commerce di Indonesia masih akan terus tumbuh dan berkembang. Dalam menjalankan bisnis e-commerce setidaknya dibutuhkan 3 pilar utama, yaitu; toko online (webstore), sistem pembayaran (e-payment), dan sistem distribusi/antaran (e-shipping). Untuk meraih potensi pasar e-commerce yang sangat besar tersebut, PT Pos Indonesia membangun sistem pendukung 3 pilar utama yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bagi para pelaku bisnis ini. Pada kesempatan ini penulis ingin memperkenalkan secara singkat layanan pendukung bisnis e-commerce PT Pos Indonesia dalam rangka sharing knowledge bagi seluruh karyawan. 1. E-marketplace Galeri UKM Salah satu pilar bisnis e-commerce adalah toko online (webstore). Salah satu platform dari toko online adalah marketplace. Pengertian marketplace secara sederhana adalah situs web tempat berkumpulnya produk-produk dari merchant atau penjual untuk dijual secara online dimana transaksi dilakukan dalam sistem web namun stock barang berada pada merchant/penjual. Brand marketplace PT Pos Indonesia adalah Galeri UKM dengan alamat situs www.galeriukm.co.id (namun saat ini masih menggunakan alamat www.galeripos.co.id). Tujuan dibangun Galeri UKM adalah untuk meningkatkan kiriman surat dan paket karena semua transaksi yang terjadi di Galeri UKM pengirimannya wajib menggunakan layanan Pos. Galeri UKM juga mempunyai tujuan strategis lain yaitu membantu pemerintah dalam mengembangkan UKM di Indonesia dengan pertimbangan UKM adalah penopang utama ekonomi nasional. Singkatnya Galeri UKM adalah bentuk dukungan nyata PT Pos Indonesia pada program pemerintah. Produk-produk yang bisa ditampilkan di Galeri UKM hanya produk UKM. Produk import tidak dapat dijual di Galeri UKM. Hal ini dimaksudkan juga sebagai diferesiansi dengan marketplace lain terutama marketplace besar seperti Bukalapak, Tokopedia, Elevania, Blibli dan sebagainya. Galeri UKM dibangun bukan sebagai kompetitor marketplace-marketplace tersebut, karena tujuan utama PT Pos Indonesia adalah menjadi pilihan utama shipping/delivery dan payment dari seluruh pelaku bisnis e-commerce. Harapannya adalah seluruh karyawan PT Pos Indonesia dapat menjadi member Galeri UKM dengan melakukan registrasi pada situs www.galeripos.co.id. Dan pada saatnya, seluruh Kantor Pos harus menjadi pendorong para pelaku UKM di wilayah kerjanya untuk memulai bisnis online dan memasang produknya di Galeri UKM. 2. E-payment Pos2Pay Pos2Pay adalah nama brand sistem pembayaran belanja online dengan alamat situs www.pos2pay.co.id. Pada dasarnya Pos2Pay adalah rekening virtual. Jika pembaca sudah mengenal Paypal, pada dasarnya Pos2Pay adalah Paypal versi Indonesia. Diharapkan nantinya Pos2Pay akan menjadi solusi dan pilihan utama sistem pembayaran e-commerce. Agar tidak terjadi kesalah pahaman antara Pos2Pay dan MPosPay, berikut dijelaskan tentang kedua fitur layanan baru perusahaan tersebut. Persamaan antara keduanya adalah, Pos2Pay dan MPosPay adalah sama-sama rekening virtual dan sama-sama berbasis pada Giro. Perbedaannya adalah, kalau MPosPay untuk transaksi pembayaran di PosPay sedangkan Pos2Pay untuk transaksi pembayaran belanja online. Perbedaan lainnya adalah jika MPosPay berbasis aplikasi android, sedangkan Pos2Pay berbasis web. Target market Pos2Pay adalah para pelaku bisnis e-commerce baik yang mempunyai toko online sendiri maupun yang hanya berjualan di forum media sosial dan media messenger. 3. E-shipping ECPos Pilar ketiga dalam bisnis e-commerce adalah shipping/delivery. Pilar ini adalah bisnis inti PT Pos Indonesia sebagai perusahaan kurir. Brand layanan pendukung shipping e commerce PT Pos Indonesia adalah ECPos dengan alamat situs www.ecpos.co.id. Pada intinya ECPos adalah API (aplication protocol interface) Ipos yang diperluas. Jika API yang selama ini biasa dipergunakan hanya memiliki fitur jejak lacak, tarif dan kodepos maka ECPos lebih luas lagi dimana situs toko online yang memasang API ECPos akan terintegrasi dengan sistem Ipos. Selama ini belum ada perusahaan jasa kurir lain yang mempunyai aplikasi pendukung sebagaimana ECPos. Target market ECPos adalah para pelaku bisnis online yang mempunyai toko online sendiri. Terutama adalah toko online besar dan yang telah mempunyai reputasi baik. Galeri UKM, Pos2Pay dan ECPos bisa dipasarkan kepada pelaku bisnis e-commerce ketiganya sekaligus, dua pilar saja, atau masing-masing pilar sesuai kebutuhan target pasar. Demikian sekilas pengenalan tentang layanan pendukung bisnis E-Commerce PT Pos Indonesia.

No comments:

Post a Comment